Apa Itu Bisnis: Berikut Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya


Halo teman - teman pengunjung setia website renowidi.com kembali lagi ni waktunya untuk update artikel, pada postingan sebelumnya saya  sudah membahas Internet Marketing, maka di postingan kali ini saya akan membahas Bisnis. Apa yang terpikirkan dari kalian setelah mendengar kata  "bisnis"? Jualan, usaha, berdagang, yaap semuanya betul. Tapi kali ini saya akan membahas secara rinci mengenai bisnis mulai dari pengertian, fungsi, dan jenisnya. Langsung saja kita ke pembahasannya, Cekidottt.

Pengertian Bisnis

Bisnis  atau dalam bahasa inggrisnya "bussines" yang artinya adalah kesibukan. Maksudnya yaitu mencari kesibukan dengan tujuan untuk mendapatkan laba.

Atau dalam arti lain, bisnis adalah suatu pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan perorangan atau secara kelompok yang melakukan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, atau melakukan pertukaran barang yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba  sebanyak - banyaknya.

Fungsi Bisnis

Supaya lengkap pembahasan kita kali ini mengenai bisnis, maka selanjutnya kita membahas tentang fungsi bisnis itu sendiri. Lantas, apa fungsi bisnis bagi kehidupan dunia? Baca terus yaa.

1. Mendapatkan Keuntungan Sebanyak - banyaknya

Salah satu penyebab banyak orang terjun ke dunia bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak - banyaknya. Karena dengan manajemen bisnis yang baik, maka akan sangat mudah untuk meraup keuntungan lebih banyak lagi.

2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Semakin pesat dunia bisnis berkembang, maka semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang diperlukan untuk mengurusi berbagai keperluan dan berbagai macam inovasi agar bisnis yang dijalani semakin berkembang pesat.

3. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat 

Dengan banyaknya bisnis terutama di bidang produksi, maka hal ini akan membuat makmur masyarakat dikarenakan tidak perlu mengimpor barang dari luar negeri yang mengharuskan membayar pajak apabila masuk ke Indonesia. 

4. Menunjukkan Prestasi Cemerlang

Siapapun yang berhasil dalam mengembangkan bisnisnya apalagi dimasa muda, akan mendapatkan banyak pujian dari orang - orang. Karena dalam pengelolaan bisnis skala besar sangat susah dan memerlukan kecerdasan dan loyalitas yang sangat tinggi. 

Jenis Bisnis
Terdapat berbagai jenis bisnis yang ada, berikut ini adalah beberapa contohnya :

1. Bisnis Manufktur

Bisnis jenis ini adalah orang yang memproduksi barangnya sendiri dan kemudian di distribusi kan ke konsumen yang lain. Contohnya : Peralatan plastik, baja, dan semen.

2. Bisnis Jasa

Bisnis jenis ini adalah bisnis yang mengandalkan jasanya untuk mengerjakan sesuatu sesuai yang ditawarkannya. Contoh : Ojek Online, jasa keuangan, dan jasa asuransi.

3. Bisnis Perdagangan

Bisnis jenis ini adalah bisnis yang biasanya dilakukan oleh perseorangan dengan cara membeli produk dan menjualnya kembali secara eceran. Contoh : toko kelontong, toko pakaian, dan minimarket.


Segini saja pembahasan saya mengenai bisnis kali ini, semoga pembahasannya bisa kalian mengerti dan menjadi pengusaha bisnis yang sukses berkat website ini hehehe. Yaa jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan dan jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah. Nantikan artikel selanjutnya. Terimakasih. See You:) 

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Bisnis: Berikut Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel