Microsoft PowerPoint - Pengertian dan Fungsinya


Halo teman - teman kembali lagi ke website kesayangan kita ini, apalagi kalau bukan renowidi.com hehehe. Pada postingan sebelumnya saya telah membahas Microsoft Word dan Microsoft Excel, nah sekarang saya akan membahas software Microsoft Power Point. Tahukah kalian apa kegunaan dari Microsoft Power Point? Yaaa kegunaannya adalah untuk membuat slide presentasi, supaya terlihat lebih profesional. Naah, langsung aja kita masuk ke pembahasannya. Cekidottt. 

Pengertian Microsoft Power Point

Microsoft Power Point adalah sebuah software buatan dari Microsoft yang mempunyai fungsi utama yaitu membuat slide presentasi. Software ini dibuat pada tahun 1987 dan pertama kali digunakan untuk sistem operasi Xenix, namun untuk sekarang sudah dapat digunakan oleh sistem operasi Windows dan juga Mac OS dari Apple. 

Versi terbaru dari software ini adalah Microsoft Power Point 2013 yang mempunyai tampilan jauh lebih baik dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Banyak juga fitur yang ditambahkan untuk memudahkan pengguna. 

Fungsi Utama Microsoft Power Point 

Pada umumnya fungsi utama dari software ini adalah untuk membuat bahasan presentasi yang ditampilkan dalam bentuk slide, namun terdapat beberapa fungsi lain yang ada, seperti berikut :

1. Sebagai Media Belajar

Dengan menggunakan software ini, maka pembuat akan lebih mudah untuk menjelaskan rincian data kepada pembacanya, dan pembaca pun lebih mudah melihat data yang telah tersusum rapi oleh Power Point ini.

2. Membuat, Mengatur, dan Mengedit Slide

Power Point dapat melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan presentasi, oleh karena itu software sangat digemari oleh banyak pengguna. Tampilan juga lebih mudah dipahami oleh pemula.

3. Membuat Animasi Sederhana

Selain fungsi diatas, Power Point juga dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana yang bisa digunakan dalam berbagai macam hal. Contohnya untuk presentasi agar lebih menarik di mata pembaca.

Format Penyimpanan

Terdapat berbagai macam jenis format penyimpanan yang dapat dihasilkan  oleh Power Point, seperti berikut :

1. PPT (Power Point Presentation)

Merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi dari Power Point, termasuk versi 12.

2. PPS (Power Point Show)

Merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi dari Power Point, termasuk versi 12.

3. POT (Power Point Template)

Merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi dari Power Point, termasuk versi 12.

4. PPTX (Power Point Presentation)

Merupakan data dalam bentuk XML, dan hanya ada dalam Power Point versi 12.

Software Serupa

Selain Power Point, terdapat juga berbagai software pengolah kata untuk membuat slide presentasi, yaitu sebagai berikut :

1. Libre Office, merupakan software presentasi yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). 

2. Keynote, jika di Windows mengandalkan Power Point, maka di Mac OS ada software Keynote ini.

3. Prezi, software ini pertama kali di luncurkan pada 2009 dan mempunyai fungsi yang hampir sama yaitu sebagai media presentasi, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang di milikinya.


Itulah tadi pembahasan mengenai Microsoft Power Point, saya harap kalian membacanya sampai habis sehingga tidak melewatkan ilmu yang ada hehe. Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, Terimakasih. See You :) 

Belum ada Komentar untuk "Microsoft PowerPoint - Pengertian dan Fungsinya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel