Mengenal Teknik Photografi 360 Derajat yang Populer di Dunia

Halo teman - teman, ketemu lagi di website renowidi.com sudah saatnya saya mengupload artikel, pada postingan kali inisaya akan membahas mengenai Teknik Photografi 360°. Apakah kalian tau maksudnya? Atau bahkan kalian sudah pernah membuatnya sendiri? Yaaa langsung aja yaa kita bahas di bawah, Cekidottt.

Pengertian Foto 360°
Foto 360 adalah sebuah foto yang menampilkan kondisi disekeliling pengguna yang mencakup angle hingga 360 derajat. Dengan teknik foto ini, pengguna dapat melihat secara langsung keadaan yang ada saat foto tersebut diambil. 

Foto 360 digunakan dalam berbagai macam keperluan seperti edukasi, bisnis, ataupun untuk mencari experience baru di dunia fotografi. Banyak sekali yang menggunakan foto 360 dalam mempopulerkan produk mereka, contoh : Hotel, taman, tempat wisata, museum, sekolah, bangunan bersejarah, dan banyak lainnya. 

Teknik pengambilan foto 360 merupakan sebuah teknik foto yang sudah lama ditemukan, akan tetapi teknik ini populer sekitar tahun 2010an keatas.

Manfaat Foto 360
Terdapat berbagai manfaat yang terdapat dalam foto 360 dalam mempromosikan sebuah foto dengan tujuan yang beragam, hal ini disebabkan karena pengguna dapat melihat secara penuh foto tersebut. Berikut beberapa manfaat foto 360 :

1. Sebagai Media Bisnis

360visio.com

Foto 360 sangat banyak manfaatnya jika diandalkan dalam media bisnis, karena para klien/calon pembeli dapat melihat foto secara full alias 360 derajat. Hal ini membuat nilai foto tersebut meningkat karena kepercayaan klien terhadal foto tersebut.

2. Melihat Situasi Tempat

techlingo.co

Keraguan seseorang terhadap sebuah lokasi dapat dibuktikan dengan melihat foto 360 derajat, karena pengguna dapat melihat situasi sekitar foto yaitu pemandangan, rumput, kondisi, keramaian suatu tempat, dan lainnya. Kalian bisa dengan mudah melihat situasi tempat ini menggunakan layanan dari Google, yaitu Google Streetview.

3. Sebagai Pengembangan Teknologi

ncube.com

Karena populernya foto 360 derajat beberapa tahun kebelakang, membuat berbagai inovasi hadir dengan menerapkan beberapa teknologi yang menggunakan konsep foto 360 derajat. Contoh dari inovasi tersebut adalah perangkat Virtual Reality atau disingkat VR. Virtual Reality digunakan untuk melihat kondisi nyata seolah - olah kita sedang mengalami keadaan tersebut sesuai dengan medianya.

Membuat Foto 360
Terdapat 2 cara untuk menciptakan sebuah foto 360 derajat, yaitu :

1. Kamera DSLR

sony.co.id

Kamera Dslr yang digunakan haruslah menggunakan lensa yang mempunyai fitur Fish eye atau ultra wide agar tidak terlalu banyak dalam mengambil gambar. Siapkan juga tripod disaat ingin mengambil foto 360 derajat. Kalian bisa memfoto dari sisi kiri, kanan, atas, bawah, depan, dan belakang untuk membuat sebuah foto 360 derajat.

2. Kamera 360

techradar.com

Kamera 360 merupakan  cara termudah jika kalian ingin  membuat foto 360, kamera yang menggunakan 2 lensa ini akan mengambil foto dalam 1 waktu dan langsung membuat file foto 360 secara otomatis. Jika kalian tidak suka ribet, boleh gunakan cara ini hehehe.


Sekian pembahasan saya kali ini, mengenai Teknik Photografi 360 Derajat. Semoga kalian  dapat mengerti dan dapat memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Jika ada pertanyaan silahkan tanya di kolom komentar dan jika ada kesalahan informasi dan kata dari penulis mohon dimaafkan, Terima kasih. See You :) 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Teknik Photografi 360 Derajat yang Populer di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel