Cara Sederhana Menguji Usability Menggunakan Metode SUS

SUS Questionnaire

Assalamualaikum, Evaluasi usability adalah cara yang digunakan banyak orang untuk menguji sebuah sistem user interface (ui), untuk melakukan pengujiannya bisa menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Lalu apa itu SUS ini? bagaimana cara menggunakannya? Silahkan baca tulisan di bawah ya.

Pengertian SUS

SUS adalah salah satu metode pengujian usability yang dikembangkan oleh John Brooke pada 1986. Metode SUS ini diperkirakan dapat memberikan skala usability yang handal, populer, efektif, dan murah.

Dalam pengujiannya SUS mempunyai 10 pertanyaan yang terdapat 5 jawaban, dengan skala nilai 10 - 100. Pada awalnya, SUS hanya ada pada Bahasa Inggris, namun saat ini sudah banyak terjemahannya termasuk juga Bahasa Indonesia pada penelitian Z. Sharfina dan H. B. Santoso (2016).

Pertanyaan

Berikut ini 10 pertanyaan dari metode SUS yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia :

1. Saya berpikir akan menggunakan sistem ini lagi
2. Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan
3. Saya merasa sistem ini mudah digunakan
4. Saya membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam menggunakan sistem ini
5. Saya merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya
6. Saya merasa ada banyak hal yang tidak konsisten (tidak serasi pada sistem ini)
7. Saya merasa orang lain akan memahami cara menggunakan sistem ini dengan cepat
8. Saya merasa sistem ini membingungkan
9. Saya merasa tidak ada hambatan dalam menggunakan sistem ini
10. Saya perlu membiasakan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan sistem ini

Aturan Menghitung SUS

Setelah melakukan pengumpulan data dari responden, kemudian data tersebut dihitung. Dalam cara menggunakan System Usability Scale (SUS) ada beberapa aturan dalam perhitungan skor SUS. Berikut ini aturan-aturan saat perhitungan skor pada kuesionernya:

1. Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.
2. Setiap pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.
3. Skor SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali 2,5.

Aturan perhitungan skor untuk berlaku pada 1 responden. Untuk perhitungan selanjutnya, skor SUS dari masing-masing responden dicari skor rata-ratanya dengan menjumlahkan semua skor dan dibagi dengan jumlah responden.

Belum ada Komentar untuk "Cara Sederhana Menguji Usability Menggunakan Metode SUS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel