Pengertian Microsoft Excel, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya


Halo teman - teman balik lagi ke website saya yang tercinta ini wkwkwk apalagi kalau bukan renowidi.com setelah sebelumnya saya membahas software pengolah kata yaitu Microsoft Word, maka pada postingan kali ini saya akan membahas tentang software pengolah kata yaitu Microsoft Excel.

Pada zaman yang sudah kaya akan teknologi ini pasti semua orang ingin mempermudah pekerjaan mereka dengan menggunakan data - data. Oleh karena itu diciptakanlah software ini untuk membantu memudahkan hal tersebut. Menggunakan Microsoft Excel ini antara mudah dan sulit sihh, tapi pasti kalian bisa kok. Yaudah langsung saja kita ke pengertiannya dulu, Cekidottt.

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Word merupakan sebuah software yang telah di program dan berasal dari keluarga Microsoft Office yang ditujukan untuk mengolah data - data spreadsheet dengan menampilkan garis dan kolom sesuai dengan perintah penggunanya. Microsoft Excel ini tidak hanya digunakan oleh Windows, akan tetapi dapat digunakan oleh perangkat MacOS, Android, dan bahkan IOS sekalipun.

Dalam penggunaannya Microsoft Excel menggunakan berbagai formula atau biasa disebut dengan rumus untuk menjalankannya. Rumus yang tersedia mulai dari yang sederhana hingga sangat sulit. Akan tetapi, Microsoft Excel sangat mudah untuk dipelajari dan mempunyai banyak keunggulannya.

Fungsi Microsoft Excel

Terdapat berbagai macam fungsi yang ada dalam Microsoft Excel ini dalam mengolah data - data spreadsheet, sebagai berikut :

1. Sarana untuk Belajar Komputer dan Logika

Dalam menggunakan software Microsoft Excel kita harus menggunakan rumus - rumus agar dapat dijalankan dengan baik, oleh karena itu salah satu kelebihan dengan menggunakan Microsoft Excel ini adalah dapat melatih skill komputer dan kekuatan logika. 

2. Membuat Rancian Anggaran dan Pendapatan

Karena fungsinya adalah mengolah data, sudah sepatutnya Microsoft Excel dapat membuat rincian anggaran dan pendapatan dari penggunanya, sehingga tidak susah dalam menghitung atau merinci uang dari anggaran tersebut.

3. Membuat Persamaan Grafik Matematika

Microsoft Excel menggunakan formula dalam menjalankannya, dan sangat erat sekali kaitannya dengan ilmu matematika, dan betapa beruntung ya ternyata untuk membuat Grafik juga dapat dilakukan di dalam software ini lhoo. 

Kelebihan Microsoft Excel

Selanjutnya kita bakal membahas kelebihan dari software besutan Microsoft ini, apa saja ya? Silahkan simak di bawah :

1. Tampilan yang sangat mudah dipahami. 

2. Mudah dipelajari oleh pengguna pemula. 

3. Mendukung berbagai macam perangkat. 

4. Penggunaan memori RAM yang kecil dibanding software lainnya. 

5. Tutorial penggunaan tersedia di Youtube. 

Kekurangan Microsoft Excel

Dibalik banyaknya kelebihan yang ada, pasti ada kekurangan dari software ini. Ayo silahkan baca di bawah ya :

1. Akses Fungsi tidak banyak alias terbatas.

2. Pembatasan dalam penggunaan sel.

3. Harus mengetahui rumus/formula yang tepat.


Sekian pembahasan saya pada postingan kali ini mengenai Microsoft Excel, semoga kalian dapat memberi ilmu pengetahuan kepada pembacanya. Apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan, jika kalian masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar ya. Terimakash, jangan lupa berkunjung di postingan selanjutnya. See You :) 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Microsoft Excel, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel