5 Aplikasi yang Sering Saya Gunakan Beserta Penjelasan Fitur Unggulannya

Aplikasi

Seiring perkembangan teknologi sekarang makin banyak aplikasi yang dikembangkan oleh para developer dengan adanya aplikasi ini sangat membantu dan bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan. Berikut ini akan saya lampirkan 5 aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2020 :

1. Google Classroom

Classroom merupakan suatu aplikasi pembelajaran online yang dapat digunakan secara gratis tanpa berlangganan. Dosen/pengajar bisa membuat kelasnya sendiri dan dapat mengundang para mahasiswanya untuk join ke kelas tersebut. Ada bebrapa fitur unggulan di Google Classroom dalam pembelajaran online, yaitu :

  • Penilaian
Google Classroom mendukung fitur penilaian ini sehingga para dosen/pendidik dapat langsung memberikan nilai dalam tugas yang telah dikumpulkan oleh mahasiswanya. 
  • Revisi
Fitur ini memungkinkan mahasiswa untuk mengubah tugasnya sehingga dapat diperbaiki apabila ada kesalahan dalam pembuatan tugas tersebut.

2. Ruang Guru

Ruang Guru merupakan aplikasi video belajar online dimana kita bisa mencari berbagai materi pelajaran yang ingin kita cari atau kita pahami. Di Ruang Guru kalian perlu berlangganan untuk mendapatkan fitur yang lebih baik. Berikut ini merupakan fitur yang dimiliki oleh Ruang Guru :
  • Rangkuman
Rangkuman ini akan memudahkan setiap pelajar untuk mendapatkan poin-poin penting yang ada dalam video pembelajaran, sehingga pelajar tidak perlu membuat rangkuman sendiri kita hanya butuh screenshoot saja.
  • Latihan Soal
Dalam aplikasi Ruang Guru juga terdapat fitur latihan soal, fitur ini sangat berguna karena kita akan mengetahui seberapa paham dengan materi yang telah dibahas.

3. Youtube


Youtube merupakan sebuah aplikasi streaming video, di aplikasi youtube ini kalian bisa juga mengupload video di channel kalian masing masing dengan hanya mendaftarkan akun. Beberapa fitur dari youtube adalah sebagai berikut :
  • Melompat Video
Maksud melompat video ini adalah kalian bisa menskip scene video yang tidak ingin kalian lihat. Caranya cukup mudah, yaitu kalian hanya perlu mentap 2x pada layar videonya. 

  • Mengubah Kualitas Video
Fitur ini sangat penting sekali mengingat tidak semuanga mempunyai kuota internet yang banyak, sehingga dengan adanya fitur ini dapat meminimalisir penggunaan data Internet. Caranya adalah dengan klik titik tiga kemudian tinggal atur saja kualitas videonya, tersedia dalam 144p, 240p, 360p. 

4. WhatsApp

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi chatting yang dapat berfungsi untuk menghubungi teman atau yang lainnya hanya dengan menggunkan nomor hp. Berikut ini fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp :
  • Pin Chat
Fitur pin chat ini berfungsi untuk chatting tersebut agar di tempat paling terbatas sehingga kita tidak perlu repot untuk scroll ke bawah lagi. 
  • Video Call
Video Call di WhatsApp sangat mudah sekali dan fitur ini dapat menelepon hingga 8 orang dalam sekali panggilan, kalian bisa melihat video yang lain dengan sangat jelas berkat optimalisasi yang dilakukan oleh pihak WhatsApp. 

5. Shopee

Shopee merupakan sebuah aplikasi toko online yang menyediakan berbagai macam produk jualan dari seluruh penjual di Indonesia. Saat berbelanja di Shopee kita hanya menunggu barang tersebut sampai, tanpa harus pergi mengambil barang tersebut. Berikut ini fitur unggulan dari Shopee :
  • Live Tracking
Saat membeli barang, penjual akan memberikan kalian nomor resi sebagai bukti bahwa barang tersebut telah dikirim. Di Shopee kita hanya perlu klik rincian pesanan saja untuk melacak pesanan sehingga kita tidak perlu membuka google lagi untuk melacak keberadaan barang itu. 
  • Gratis Ongkir
Shopee memberikan fitur gratis ongkir ini kepada para penggunanya, sehingga para pengguna tidak perlu lagi membayar ongkir karena telah ditanggung oleh pihak Shopee tersebut. 

Itulah tadi 5 aplikasi yang sering digunakan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi. Jika kalian ada pertanyaan, silahkan tanya di kolom komentar ya. 

Belum ada Komentar untuk "5 Aplikasi yang Sering Saya Gunakan Beserta Penjelasan Fitur Unggulannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel