Apa Itu Sistem Operasi: Berikut Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Halo teman - teman balik lagi ke website saya yang tercinta ini, apalagi kalau bukan renowidi.com wkwkwk. Baiklah, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Sistem Operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating System. Apakah kalian sudah tau apa itu Sistem Operasi? atau bahkan sudah pernah mengisntal Sistem Operasi sendiri? kalau belum tau, langsung aja simak pembahasan saya di bawah yaa. cekidoott.

Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang dijalankan saat komputer mulai dihidupkan sebagai penghubung anatara pernangkat lunak (software) dan juga perangkat keras (hardware). Apabila sebuah komputer tidak memiliki perangkat lunak, maka tidak akan bisa untuk menajalankan program apapun selain program booting. 

Jenis Sistem Operasi
Seiring berkembangnya waktu dan dan makin pesatnya teknologi, tidak heran banyak developer berlomba - lomba untuk membuat sebuah sistem operasi yang mencakup semua kebutuhan dari pengguna supaya dapat menciptakan sebuah keuntungan baik untuk developer sendiri maupun penggunanya. Berikut beberapa contoh dari Sistem Operasi :

1. Windows

Windows merupakan sebuah Sistem Operasi yang didirikan oleh Microsoft pada 1985 dan dipelopori oleh Bill Gates, Penggunaan Sistem Operasi Windows ini sangat memudahkan pengguna karena menunya sangat simple dan mudah dipahami meskipun orang yang baru menggunakan komputer. Saat ini Windows telah berkembang pesat di seluruh dunia, versi Windows yang terbaru saat ini adalah Windows 10. 

2. Linux



Linux merupakan sebuah Sistem Operasi open source alias gratis yang didirikan oleh Linus Benedict pada tahun 1991. Penggunaan Sistem Operasi Linux cocok bagi pengguna yang telah dalam mengusai komputer, dikarenakan tampilannya yang membingungkan bagi pengguna baru. Dalam Sistem Operasi Linux terdapat berbagai macam distro seperti Linux Mint, Linux Ubuntu, Linux Debian, dan lainnya.

3. Mac OS


Macintosh atau yang biasa disingkat dengan Mac ini merupakan Sistem Operasi besutan Apple yang didirikan pada 2001 dan dipelopori oleh Steve Jobs. Mac OS hanya bisa digunakan pada perangkat buatan Apple saja. Tampilan dari Mac OS sangat user friendly dan dengan dukungan software yang beragam membuatnya banyak digemari oleh berbagai orang.

4. DOS



DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System. DOS ini merupakan jenis Sistem Operasi lawas yang merupakan awal munculnya Sistem Operasi canggih sekarang ini. Dari segi penggunaan, saat ini DOS sudah mulai ditinggalkan karena tidak mempunyai fitur yang baik daripada Sistem Operasi lainnya.

Fungsi Sistem Operasi
Terdapat berbagai Sistem Operasi di dunia ini, lalu tahukah kalian apa fungsinya? sebaiknya kalian baca kelanjutan dari postingan ini yuk!


1. Sistem Operasi membuat komputer lebih nyaman dan lebih mudah digunakan
Tidak dapat dipungkiri, kenyamanan dan kemudahan adalah hal utama yang diinginkan oleh pengguna. Maka dari itu tercipta berbagai Sistem Operasi untuk memenuhi keinginan penggunanya sehingga dapat membantu dan lebih memudahkan pekerjaan mereka dalam menggunakan komputer.

2. Sistem Operasi memungkinkan penggunaan daya lebih efisien
Apabila Sistem Operasi telah terdapat di sistem komputer maka hal tersebut dapat mengurangi penggunaan daya dan membuatnya lebuh efisien. Hal ini membuat para produsen mewajibkan pengguna untuk menginstal Sistem Operasi yang menurutnya baik.

3. Sistem Operasi membuat kinerja komputer optimal
Tidak dapat di pungkiri, semua pengguna pasti menginginkan komputer yang digunakannya berjalan dengan optimal, maka dari itu dengan menginstal Sistem Operasi merupakan salah satu hal yang membuat kinerja komputer dapat optimal.


Baiklah, sekiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan tentang pembahasan Sistem Operasi kali ini, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini saya mohon maaf dan jika kalian mempunyai pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Terimakasih. See You :)

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Sistem Operasi: Berikut Pengertian, Jenis, dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel