Apa Itu Search Engine: Berikut Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Search Engine Google

Dalam penggunaannya didalam dunia internet, peran Search Engine sangat berpengaruh kepada cepat atau lama di index nya sebuah website. Hal inilah yang membuat blogger berlomba-lomba membuat artikel yang memenuhi standard SEO (Search Engine Optimization) agar artikel mereka mudah teridentifikasi oleh mesin pencari. Keuntungan yang di dapatkan dari artikel SEO adalah menempati page one dan mempunyai pengaruh terhadap pengunjung sangat tinggi. Langsung saja baca artikel di bawah. Cekidot.

Pengertian Search Engine

Search Engine adalah sebuah program yang digunakan untuk mencari sebuah dan mengidentifikasi database yang terdapat berbagai data-data seluruh website dunia. Search Engine ini digunakan untuk mencari keyword atau kata kunci dari pencarian yang diinginkan oleh pengguna.

Setelah data tersebut dikumpulkan Search Engine maka akan muncul dalam pencarian penggunanya. Semakin baik Search Engine bekerja, maka akan semakin relevan informasi yang dapat ditampilkannya.

Fungsi Search Engine

Pada umumnya, Search Engine ini berfungsi sebagai penyedia informasi yang relevan sesuai dengan kata kunci yang diinginkan oleh pengguna. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna supaya mendapatkan sesuai dengan keinginannya. Berikut  fungsinya :

1. Media Pemasaran

Sebagai media yang meningkat sangat cepat, maka Search Engine sering juga digunakan sebagai media Pemasaran karena banyak sekali pembeli di dunia yang tinggal menuliskan kata kunci dan akan muncul di Search Engine, maka dari itu untuk meraup keuntungan sebanyak - banyaknya. 
Misalkan pengguna ingin membeli baju sport, maka hanya perlu menuliskan kata kunci "baju sport" di search engine maka akan langsung keluar hasil yang diinginkan tanpa perlu ribet lagi. 


2. Menampilkan Informasi 

Search Engine mempunyai fitur untuk menampilkan informasi yang relevan kepada penggunanya. Mereka telah menyusun algoritma sedemikian rupa sehingga dapat mengerti dan memahami apa yang diinginkan oleh pengguna tersebut. 
Contohnya jika kalian ingin mencari master belajar, kalian hanya perlu menuliskan kata kunci "materi belajar matematika" maka akan muncul semuanya yang berhubungan dengan pelajaran matematika yang kalian inginkan. 

3. Mengindeks Website

Sebagai mesin pencari Search Engine juga memerlukan indeks kepada website, supaya terdapat banyak sumber yang dapat diberikan kepada penggunanya. Jika website sudah terindeks dan website kalian mempunyai tulisan yang baik, maka akan mungkin saja untuk muncul di Page one. 

Macam - Macam Search Engine

Banyak sekali mesin pencari yang terdapat di zaman teknologi sekarang ini, beberapa diantara menjadi andalan bagi para peselancar Internet karena mempunyai fitur yang sangat baik dibandingkan kompetitornya. Berikut ini adalah berbagai macam search engine :

1. Google

Pengguna search engine dari Google ini mencapai 71.24% dari seluruh dunia. 


2. Bing 

Pengguna search engine dari Bing ini mencapai 12.69% dari seluruh dunia. 


3. Baidu

Pengguna search engine dari Baidu ini mencapai 11.36% dari seluruh dunia. 


4. Yahoo

Pengguna search engine dari Yahoo ini mencapai 2.15% dari seluruh dunia.


Dari penjelasan diatas, Search Engine menjadi sebuah program penting yang akan sangat berguna bagi kehidupan sehari - hari. Setelah membaca penjelasan diatas, saya harap kalian dapat mengerti tentang Apa itu Search Engine. Jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan, silahkan kalian tanyakan  dikolom komentar ya. Terima kasih, See You :) 


Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Search Engine: Berikut Pengertian, Fungsi, dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel