Apa itu Internet ? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya


Halo teman - teman semuanya, kembali lagi ke website saya ini apalagi kalau bukan renowidi.com hehehe. Apa kabar nih kalian? Semoga baik - baik aja yaaa Aamiin. Baiklah, pada postingan kali ini saya akan membagikan pembahasan tentang sesuatu yang sudah tidak asing lagi yaitu Internet. Apakah kalian sudah tau pengertian internet itu apa? manfaatnya apa? dan dampaknya bagi kehidupan kita ini. Langsung saja kalian simak pembahasan di bawah yaaa. Cekidottt.

Pengertian Internet
Internet merupakan akronim dari Interconnected Network yang pengertiannya adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan suatu media dengan media yang lainnya, dengan adanya internet memungkinkan kita untuk saling berhubungan satu sama lain dalam suatu jaringan dengan menggunakan standar teknologi pendukung secara global yaitu Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP / IP).

Perbedaan Internet dengan Intranet, dalam penggunaannya internet mencakup wilayah yang sangat luas, yaitu seluruh dunia. Sedangkan koneksi Intranet hanya digunakan beberapa komputer yang bekerja untuk sebuah perusahaan. 

Manfaat Internet
Semua penciptaan pasti mempunyai manfaatnya masing - masing, lantas apakah manfaat dari internet ini? 

1. Internet sebagai sarana hiburan


Dalam kehidupan sehari - hari manfaat internet sangat sering kita gunakan. Setiap jam pasti kita menggunakan aplikasi dengan layanan Internet, seperti : Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, Tiktok dan lainnya. Tanpa kita sadari manfaat internet sebagai hiburan sangat sering kita gunakan untuk sekedar mengisi waktu luang ditengah padatnya hari. 

2. Internet sebagai sarana bisnis


Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia, khususnya Indonesia. Bisnis juga sudah merambah ke jaringan internet, semakin banyak perusahaan yang mengandalkan jaringan internet untuk memperlancar bisnis mereka. Bayangkan saja beberapa waktu lalu daerah jabodetabek mengalami pemadaman listrik sehingga mengakibatkan terputusnya koneksi internet mengakibatkan kerugian hingga 90 Milliar Rupiah. 

3. Internet sebagai sarana belajar


Ditengah pandemi Covid-19 yang sedang marak-maraknya ini, Pemerintah Indonesia menghimbau untuk para siswa dan mahasiswa untuk belajar dari rumah. Situasi ini dimanfaatkan dengan belajar menggunakan koneksi internet, sehingga dapat belajar menggunakan meeting online seperti Zoom dan Google Meet. 

Dampak Internet 
Terdapat berbagai pengaruh positif dan juga negatif yang timbul dari maraknya penggunaan Internet sekarang ini, yaitu :

Dampak Positif

1. Memudahkan komunikasi
Kalian sadar nggak sih, kalau di zaman sekarang ini tuh sangat mudah untuk berkomunikasi walaupun jaraknya sangat jauh. Contohnya saja kalian ingin reuni bersama teman sekolah SMA, maka kalian tidak perlu ketemuan di suatu tempat, hanya perlu video call saja. Keren kaann?

2. Mendapatkan hiburan
Dengan adanya internet kita dapat mendapatkan sarana hiburan dengan gratis melalui berbagai aplikasi, seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan aplikasi yang lainnya.

3. Mudah mendapat informasi
Koneksi yang saling berhubungan membuat semakin mudahnya pengguna untuk saling bertukar informasi, sehingga tidak menghambat proses penyebaran informasi tersebut.

Dampak Negatif

1. Tersebarnya konten sensitif
Banyak sekali konten yang terdapat di internet tidak layak untuk dilihat, apalagi jika anak di bawah umur melihatnya. Maka dari itu sangat perlu pengawasan orang tua kepada anaknya.

2. Maraknya cyber crime
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, berkembang pula cara yang dilakukan oleh perampok untuk mencuri dari internet. Mereka menggunakan kemampuannya untuk hal yang tidak baik seperti mencuri data, membobol rekening, membajak aplikasi, dan lainnya.

3. Berita hoax tersebar cepat
Banyak sekali pembuat berita hoax ini tersebar di internet, mereka menggunakan internet sebagai tempat untung mengadu domba, menipu, atau membuat berita yang tidak benar. Maka dari itu kita sebagai pengguna internet harus bijak dalam membagikan dan membaca berita supaya tidak termakan oleh berita hoax / bohong.


Segitu saja pembahasan saya kali ini yaitu tentang Internet. Semoga kalian dapat menjaga dan bermain internet dengan baik dan benar. Jika ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Kalau kalian masih bingung, silahkan tanya di kolom komentar yaaa. Terimakasih, See You :) 

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Internet ? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel