Apa Itu Jaringan? Berikut Pengertian dan Jenisnya


Halo teman - teman semuanya, balik lagi nih ke website kesayangan kita semua wkwkw apalagi kalau bukan renowidi.com ohh iya, padahal postingan kali ini saya akan membahas tentang jaringan. Sebelum masuk ke pembahasan, apakah kalian sudah tau apa itu jaringan? Atau kalian cuma bisa menggunakan tapi nggak bisa mendefinisikan? Wkwkw yaudah laah langsung saja kita masuk ke pembahasannya, jangan ada yang dilewatkan yaa, baca semuanya supaya makin paham. Oke Cekidottt.

Pengertian Jaringan
Jaringan adalah telekomunikasi yang memungkinkan untuk saling berkomunikasi dengan bertukar antar antar komputer. Artinya kita dapat menggunakan jaringan ini untuk memudahkan kita dalam kehidupan sehari - hari dan kalian bisa untuk berkomunikasi melalui jarak jauh dengan menggunakan jaringan. Jaringan di Indonesia pada saat ini sudah mendukung konektivitas 4G LTE yang super ngebut. Apakah kalian sudah menggunakannya? Apakah menurut kalian benar - benar ngebut?

Jenis Jaringan Komputer
Untuk mengetahui jaringan lebih lanjut, alangkah lebih baiknya kalian untuk membaca jenis - jenis jaringan komputer berikut ini. Yaitu :

1. LAN (Local Area Network) 
Dilihat dari namanya yaitu lokal, sudah dapat kita diperkirakan bahwa LAN ini hanya mencakup lokasi atau wilayah yang relatif sempit seperti rumah dan juga gedung kantor. 

Pengoperasian, pengelolaan, dan pengembangan LAN ini biasanya hanya dilakukan oleh perseorangan atau organisasi. Meskipun hanya untuk lokasi yang sempit biasanya LAN menggunakan teknologi Ethernet. 

2. MAN (Metropolitan Area Network) 
MAN adalah jaringan yang menghubungkan untuk dua atau lebih koneksi LAN di dalam Kota atau lokasi yang sama. Apabila sudah tidak memungkinkan untuk menggunakan LAN, maka akan dibangun jaringan yang lebih besar dari pada LAN, yaitu MAN. 

3. WAN (Wide Area Network) 
Setelah sebelumnya membahas LAN dan MAN, kali ini kita masuk ke bahasan WAN. WAN ini sangat berbeda daripada LAN dan MAN dalam beberapa hal. Dalam hal pengelolaan WAN tidak dioperasikan oleh perseorangan seperti LAN, akan tetapi dioperasikan oleh pengelolaan yang terstruktur dengan baik. Teknologi yang di gunakan oleh WAN sama seperti yang ada pada perangkat ATM. 

4. PAN (Person Area Network) 
PAN ini cakupannya sangat sempit sekali karena hanya di gunakan oleh perseorangan, contohnya adalah jaringan pada kabel hdmi. 

5. Internet
Nah, ini pasti semuanya tau kan. Internet merupakan jaringan dengan cakupan terluas di dunia. Penguna internet yang ada di Indonesia mencapai 175.3 juta orang atau sekitar 64% dari jumlah penduduk Indonesia. Internet sangat mudah ditemukan dimana - mana pada zaman teknologi yang telah canggih ini. 


Segitu saja pembahasan tentang jaringan di postingan kali ini, apabila ada yang kurang atau salah penyampaian informasi mohon dimaafkan. Jika kalian bingung, silahkan kalian tanyakan saja dikolom komentar ya. See You :) 




Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Jaringan? Berikut Pengertian dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel