Apa Itu Brainware? Berikut Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya


Assalamualaikum teman - teman pengunjung setia website saya ini, hehehe apalagi kalau bukan renowidi.com setelah di postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Rekayasa Perangkat Lunak, maka di postingan yang ini saya akan membahas tentang Brainware, kalian sudah pernah dengar kata Brainware? Atau bahkan kalian sudah mengetahui arti dan pembagiannya? Yaaa kalo belum langsung aja simak pembahasan di bawah sampai selesai yaa. Cekidottt.

Pengertian Brainware
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan, menggunakan, dan melakukan pengoptimalan dalam sebuah sistem perangkat komputer. Dengan arti lain, Brainware adalah mereka yang menggunakan perangkat keras (hardware) dan juga perangkat lunak (software) dengan maksud dan tujuan tertentu.

Macam - Macam Brainware

Umumnya dikehidupan sehari - hari kita sering menemukan macam dari Brainware, namun kita tidak menyadarinya. Berikut beberapa macam Brainware seperti berikut yaitu :

1. Netter
Pasti kalian sudah mengetahui yaa maksud dari netter ini?! Yaap apalagi kalau bukan pengguna internet seperti yang sedang kalian lakukan ini. Netter biasanya dilakukan oleh individu yang biasanya menggunakan Internet, perkumpulan kelompok (organisasi) , dan juga perusahaan. 

2. Network System
Network System merupakan sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mengatasi semua masalah yang terjadi dalam penggunaan dan juga sistem ini memberikan kemanaan serta kenyamanan pengguna dalam menggunakan jaringan internet. 

3. EDP Department
EDP Department merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang departemen IT. EDP Department dikenal pula sebagai pengolah data elektronik yang dimiliki oleh perusahaan. Cara yang digunakannya dilakukan dengan kecanggihan yang dimiliki teknologi. 

Fungsi Brainware
Setelah mengetahui berbagai definisi apa itu brainware, tidak ada salahnya untuk kalian mengetahui juga berbagai fungsi dari brainware. Seperti berikut, yaitu :

1. Operator
Dalam menjalankan sebuah sistem komputer diperlukan sebuah operator supaya memudahkan dan dapat memonitori hal apa saja yang dapat dilakukan oleh komputer, tugas lain dari operator adalah menjalankan sistem serta merawatnya dengan baik. 

2. Programmer
Untuk menggunakan sistem komputer diperlukan orang yang sangat ahli, yaitu programmer. Programmer adalah seseorang yang memiliki keahlian khusus yaitu mengerti bahasa pemrograman untuk membuat dan merancang sebuah program. Intinya seorang programmer harus mampu dan mengerti dalam pemrograman komputer. 

3. Administrator 
Administrator adalah orang yang bekerja mengatur dan mengelola sistem komputer. Sehingga dengan adanya administrator ini diharapkan dapat membuat sebuah sistem berjalan sesuai dengan aturannya.

Contoh Brainware 

Untuk melengkapi pengetahuan kalian tentang brainware tidak ada salahnya kalian juga membaca bagian ini. Terdapat berbagai tipe brainware yang ada di dunia ini. Berikut contohnya, yaitu :

1. Sistem Analis
Sistem analis merupakan tugas yang sangat penting dalam pengembangan sistem, terutama dalam merancang, membuat, dan juga mengevaluasi sebuah program. Sehingga analis harus berhati - hati dan perlu ketelitian dalam melakukan pekerjaan ini. 

2. IT Support
IT Support atau lebih dikenal dengan teknisi ini adalah salah satu brainware yang mempunyai tugas untuk memperbaiki dan mengelola sebuah program apabila terjadi masalah. Jadi, seorang IT Support harus sangat paham tentang seluk beluk perangkat komputernya. 

3. Web Programming
Web Programming merupakan seorang brainware yang bertugas dalam pembuatan website dan juga pengelolaan sebuah website. Baik website pribadi maupun website perusahaan. 

4. Programmer 
Programmer adalah seorang yang bertugas untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah program komputer sehingga dapat memudahkan pekerjaan dengan adanya program tersebut. 

5. Database Administrator 
Database Administrator merupakan seorang brainware yang bertugas untuk mengelola dan menjaga data yang terdapat dalam server database, baik data yang berbentuk kata memupun data angka. 

6. Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan adalah brainware yang mempunyai tugas untuk mengatasi dan mendalami semua aspek dalam sebuah  jaringan komputer. 


Kita sudah sampai diakhir postingan nih, Jadi kalian termasuk dalam Brainware yang mana? semoga kalian dapat mengerti yang saya sampaikan yaitu tentang Brainware. Apabila kalian masih bingung, kalian bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar yaa. Terima kasih. See You :) 



Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Brainware? Berikut Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel