Apa Itu Komunikasi Data dan Jaringan?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Balik lagi ke website renowidi.com kali ini kami akan membahas artikel tentang Komunikasi Data dan Jaringan. Sebelumnya apakah kalian tau apa itu Komunikasi Data dan Jaringan? untuk lebih lengkapnya langsung saja saya jelaskan dibawah.

Apa itu Komunikasi Data? komunikasi data adalah proses mengirimkan data dari suatu komputer ke komputer yang lain nya. 

Apa itu jaringan? Menurut Wikipedia, Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan untuk saling berkomunikasi dengan bertukar antar antar komputer.

Nah itulah merupakan pengertian dari komunikasi data dan Jaringan menurut Wikipedia, selanjutnya kita akan membahas macam-macam pembagian dari komunikasi data dan Jaringan.

Dalam Komunikasi data, data di kirimkan melalui angka biner yang Menggunakan kode untuk mewakili data yang dikirim tersebut. 

Taukah kalian apa itu kode biner? Kode biner adalah sistem penulisan angka dengan dua simbol yaitu angka 0 dan angka 1. Kode biner ini ditemukan oleh Gottfried Willhelm Leibniz pada abad ke 17. Kode biner ini digunakan dalam penggunaan data digital modern. 

Dalam jaringan, terdapat beberapa contoh dari jaringan, yaitu : jaringan kabel, Jaringan nirkabel, satelit, Bluetooth, sinar infrared.

Apa itu jaringan kabel? Jaringan kabel adalah jaringan yang masih menggunakan sistem perkabelan dalam menjalankannya. Contoh dari jaringan kabel ini adalah telepon dan fiber optic.

Selanjutnya kita bahas jaringan nirkabel, Jaringan nirkabel ini biasa kita sebut juga dengan wireless. Maksud dari wireless ini adalah tidak menggunakan sistem kabel lagi (tanpa kabel). Contoh dari jaringan nirkabel adalah wifi. 

Yang ketiga yaitu Satelit, apa itu satelit? Satelit merupakan media transmisi yang menerima sinyal dari luar angkasa untuk di kembalikan lagi ke bumi. Beberapa contoh dari satelit adalah, Palapa D, Telkom, Telkom 4, Asiasat, Chinasat dan lain lagi.

Kita masuk yang ke empat ya teman teman, yang selanjutnya ini adalah Bluetooth, untuk kalian yang merupakan generasi old pasti sudah sangat akrab dengan Bluetooth ini, iyaa fitur ini sangat sering ditemukan pada handphone zaman dulu maupun sekarang, fungsinya untuk mengirimkan data/file ke pengguna lain. Bluetooth ini mempunyai kesamaan yang persis dengan pengiriman data melalui wifi akan tetapi kecepatannya sangat minim. 

Selanjutnya kita masuk bahasan terakhir yaitu sinar infrared, apa itu sinar infrared? Sinar infrared adalah sinar yang dapat mengirimkan data menuju ke tempat yang di tujukan. Biasanya sinar infrared ini terdapat di televisi maupun di handphone xiaomi. Dengan adanya sinar infrared di hp, maka kita tidak perlu menggunakan remote lagi. Sehingga bisa memindahkan Channel dari hp saja.


Hanya sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Komunikasi data dan Jaringan, apabila ada yang kurang atau kesalahan info mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan silahkan kalian komentar dibawah yaa. Terimakasih. 

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Komunikasi Data dan Jaringan? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel