Apa Itu Komputer: Pengertian, Sejarah, dan Komponennya

Halooo, kembali lagi di website renowidi.com kali ini saya akan membahas tentang komputer, bagian komputer, dan juga fungsinya. Apakah kalian tahu apa itu komputer? apakah sudah pernah menggunakannya? Kalo belum, mari simak penjelasan saya dibawah ini yaa. Lanjuttt 

Pengertian Komputer

Menurut Wikipedia, Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data-data yang telah ditetapkan atau diprogram. Komputer ini pada awalnya digunakan untuk melakukan operasi perhitungan aritmetika tanpa alat bantu. Jadi peran komputer pada masa lalu sudah sangat mengesankan sekali. Sekarang komputer digunakan dengan berbagai tujuan seperti mengedit, menulis, dan membuat program.

Sejarah Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi, berkembang pula generasi-generasi komputer yang lebih canggih dari masa ke masa. Dari awal terciptanya Komputer tedapat beberapa generasi sebagai berikut :
  • Generasi Pertama (Tabung Vakum)
  • Generasi Transistor
  • Generasi IC
  • Generasi Microprocessor
  • Generasi AI

Jenis Komputer

Jenis-jenis komputer terbagi menjadi 3, yaitu :
  1.  Komputer Desktop (PC)
    Contohnya, PC, All In PC, PC Tablet
  2.  Laptop
    Contohnya, Notebook, Netbook, Ultrabook
  3. SmartPhone/Tablet
    Contohnya, Android 

Perangkat Komputer

Komputer memiliki beberapa perangkat dasar, yaitu :

  • CPU (Central Processing Unit)
  • Monitor
  • Keyboard
  • Mouse

Dalam CPU terdapat beberapa komponen, komponen ini sangat melekat dalam CPU, yaitu :

1. Casing

Casing komputer merupakan bagian yang menjadi rumah dari beberapa bagian CPU, Casing komputer ini biasanya terbuat dari plastik ataupun metal. Berguna untuk tempat menyimpan dari komponen yang lainnya.

2. Power Supply

Power supply mempunyai bentuk kotak dengan kabel yang agak keluar. Fungsi atau kegunaan dari power supply adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang mempunyai daya listrik yang rendah sehingga dapat menghemat penggunaan daya dari komputer.

3. Motherboard/Mainboard

Motherboard adalah papan utama yang berupa pcb dan chip yang berfungsi sebagai akses dari jalur-jalur konektor sebagai penghubung akses dari semua komponen komputer. Terdapat beberapa hardware yang terletak di dalam Motherboard ini seperti Processor, RAM, VGA, ROM, Soundcard.

4. Processor 

Sebuah processor merupakan otak dari komputer, processor ini berfungsi untuk melakukan perintah yang dilakukan dari komputer sehingga dapat menjalankan apa yang diinginkan dari pengguna.

5. Random Acces Memory 

Random Acces Memory atau yang lebih dikenal dengan sebutan RAM ini berfungsi untuk menyimpan data dan proses dari komputer agar dapat dijalankan dengan sangat baik, umumnya semakin besar kapasitas RAM dari komputer maka akan semakin lancar dalam menjalankan banyak aplikasi.

6. Graphic Card

Grapic Card atau yang biasanya disebut dengan VGA merupakan salah satu komponen komputer yang  mempunyai fungsi untuk mengolah grafis. Untuk pengguna dengan pekerjaan ringan biasanya hanya perlu menggunkan GPU Integrated, akan tetapi untuk pekerjaan berat seperti gaming, editing, animator, dan sebagainya memerlukan GPU yang berjenis Dedicated.

7. Sound Card

Sound card merupakan sebuah perangkat keras dari komputer yang mempunyai fungsi utama sebagai pengolah data yang berupa audio atau suara. Dari komponen inilah suara-suara dari komputer kalian keluar, sehinggga penting sekali kegunaan dari sound card ini.


4. Hardisk/SSD


Fungsi dari hardisk atau pun SSD ini adalah untuk media penyimpanan dalam komputer, dalam hal kecepatan Hardisk sangat lambat sedangkan SSD bisa berkali-kali lipat kecepatannya dibandingkan dengan Hardisk.

5. Optical Drive


Fungsi dari Optical drive ini adalah untuk memutar atau menggunakan CD, namun seiring perkembangan teknologi optical drive sudah mulai jarang ditemukan pada komputer/laptop jenis terbaru.


Setelah membaca artikel diatas apakah kalian sudah mengetahui apa itu komputer dan komponennya kan? kalian bisa langsung praktek dirumah atau disekolah dengan memulai dengan bermain komputer, apabila sudah lumayan expert kalian bisa membongkar komputer atau laptop kalian sendiri untuk sekedar mengganti RAM hehehe. Apabila ada pertanyaan silahkan kalian tanyakan dikolom komentar yaa. Terima Kasih.

1 Komentar untuk "Apa Itu Komputer: Pengertian, Sejarah, dan Komponennya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel