Apa Itu Software dan Sistem Operasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Halo teman - teman balik lagi nih ke website renowidi.com setelah di postingan sebelumnya saya telah memberikan penjelasan tentang apa itu hardware (sini), kali ini saya akan memberikan penjelasan dari kawannya hardware nih apalagi kalo bukan Software. Naah kalian pasti sudah sering mendengarkan kata software, tapi kalian tau tidak apa yang dimaksud dengan software itu? Kalo tidak, langsung aja mulai di postingan bawah yaa, Cekidottt.

Pengertian Software
Kata Software ini jika diterjemahkan ke dalam kamus bahasa Indonesia artinya adalah Perangkat Lunak, nah Software ini adalah sebuah program yang melekat pada komputer yang telah di programming untuk menentukan apa saja kebutuhannya oleh seorang programmer. Software dan hardware merupakan suatu yang tidak dapat dipisahkan, ibaratnya software dan hardware ini sudah satu jiwa raga, hehehe. Karena mustahil menjalankan software tanpa adanya hardware, begitu pula sebaliknya.

Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Operating System dalam bahasa Inggris ini biasa disingkat dengan OS. Jadi Sistem Operasi ini merupakan perangkat lunak sebuah sistem yang mengatur sumber daya dari hardware dan juga software. Kalian tidak akan menggunakan sebuah aplikasi tanpa adanya sistem operasi ini. Tanpa sistem operasi di komputer, kalian hanya dapat melakukan booting saja.

Macam - Macam Sistem Operasi
Dalam era teknologi yang canggih ini telah berkembang banyak jenis sistem operasi yang dapat digunakan oleh pengguna sebagai berikut, yaitu :

1.Windows

Windows merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan besar yaitu Microsoft, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini mempunyai beberapa macam jenis lisensi, seperti Windows 98, Windows Classic, Windows Xp, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan lain - lain.

2. Linux

Linux merupakan sistem operasi yang sangat terkenal, Linux ini open source dan bisa digunakan siapa saja. Terdapat banyak sekali distro Linux yang baik dan bagus, seperti Ubuntu, Kali Linux, Manjaro, Fedora, Debian, Mint, dan lain sebagainya.

3. Mac Os (Macintosh) 

Mac Os ini merupakan sebuah sistem operasi yang di kembangkan oleh Apple.Inc dimana Mac OS ini biasanya digunakan untuk perangkat dari Apple, salah satunya yaitu Macbook.

4. Mobile Os

Mobile OS ini merupakan sistem operasi yang digunakan dalam sebuah smartphone yang sering kita gunakan sekarang ini, umumnya smartphone sekarang menggunakan sistem operasi Android (Google) dan IOS (Apple). Namun sebelum terkenalnya dua sistem operasi tersebut telah terlebih dahulu populer sistem operasi Windows Phone, Symbian, Java, dan banyak lainnya.

Lisensi Software 
Sebuah produk pasti terdapat lisensi dalam penjualannya, lisensi dalam kata lain yaitu memberikan izin kepada pengguna untuk menggunakan produk yang telah dibelinya dengan kewajiban dan hak tertentu. Terdalat beberapa jenis lisensi, seperti berikut yaitu :

  • Lisensi Berbayar/Komersial
  • Lisensi Percobaan/Trial
  • Lisensi Non-Komersial
  • Lisensi Freeware/Shareware
  • Lisensi Open Source

Nah, setelah membaca pembahasan di atas, software dan hardware memang tidak bisa dipisahkan yaa, kedua saling melengkapi satu sama lain, seperti jiwa dan raga hehee. Baik lah sampai disini dulu pembahasan saya mengenai software kali ini, jika terdapat kesalahan informasi mohon dimaafkan yaa, dan juga jika ingin bertanya silahkan komentar di bawah. Terimakasih... See You :) 

1 Komentar untuk "Apa Itu Software dan Sistem Operasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel